Mengenal Dan Belajar Fungsi AND pada Microsoft Excel





AND secara harfiah artinya DAN. Sebagaimana fungsi OR, fungsi and juga tidak dapat berdiri sendiri dan penerapannya dikombinasikan dengan fungsi lain. Fungsi and akan menghasilkan nilai TRUE (benar) jika semua syarat atau argumen yang diuji benar. Atau aan menghasilkan nilai FALSE (salah) jika salah satu atau lebih argumen bernilai salah. Bentuk penulisan fungsi adalah sebagai  berikut:

=AND(logica1;logical2;.....)

Logical : atau logika adalah kondisi yang merupakan syarat yang akan diuji.

Study kasus     :    Pada kegiatan ekstrakurikuler pada suatu madrasah membuka pendaftaran anggota baru dengan ketentuan siswa sudah duduk dikelas XI dan memiliki tinggi badan minimal 160 cm. Dalam kenyataannya peminatnya ada yang kelas X sampai kelas XII dengan tinggi badan yang bervariasi. Untuk menyaring hanya pendaftar hanya siswa yang duduk dikelas XI dan tinggi badan minimal 160 cm, digunakan fungsi AND. Misal, yang memenuhi syarat bisa mengikuti Cek Kesehatan dan yang tidak memenuhi dinyatakan Gagal. 

Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel dibawah ini:

Untuk mengisi kolom keterangan apak siswa dinyatakan lolos dan Cek Kesehatan, atau siswa tersebut gagal maka tuliskan rumus berikut pada cel E6

=IF(AND(C6="XI";D6>=160);"Lolos dan Cek Kesehatan";"Gagal")

Setelah itu copycan rumus tersebut pada sel E7:E15. Jika penulisan rumusnya benar maka akan diperoleh hasil seperti tabel dibawah ini.

 

Tidak ada yang sulit jika ada kemauan untuk belajar, Selamat mencoba, nantikan tutorial berikutnya. Berlatihlah dari hal-hal sepele sebelum beranjak ke hal-hal yang menakjubkan.
Baca juga fungsi IF Tunggal, fungsi IF jamak, Fungsi OR


Berlangganan Untuk Menerima Update Terbaru: