Quiz-Bagaimana Jika…Biologi Kelas XI IPA



1.     Anggaplah anda berdiri di ujung tebing dan tiba-tiba tergelincir, anda nyaris tak bisa menjaga keseimbangan agar tidak jatuh. Saat jantung anda berdebar cepat, anda merasakan letupan energi, sebagian akibat semburan darah ke dalam pembuluh-pembuluh yang berdilatasi (melebar) pada otot dan kadar glukosa  dalam darah yang melejit. Mengapa anda menduga bahwa respon “lawan atau lari” ini memerlukan sistem saraf dan sistem endokrin?

Jawaban …

Sistem saraf anda harus mampu memperesepsikan bahaya dan memicu tanggapan otot dalam waktu singkat agar anda tidak jatuh. Akan tetapi, sistem saraf tidak memiliki hubungan langsung dengan pembuluh darah atau sel hati. Dengan melepaskan sebuah hormon yang disebut epinephrin atau adrenalin oleh sistem endokrin, sistem saraf dapat menyebabkan perubahan di jaringan-jaringan ini dalam waktu beberapa detik saja.

2.     Anggaplah setelah selesai berolahraga berat di hari yang panas, anda tidak menemukan minuman di dalam kotak pendingin. Jika, karena putus asa, anda memasukan  kepala ke dalam kotak pendingin, bagaimana caranya air yang sedingin es tersebut memengaruhi laju pengemablian suhu tubuh anda ke normal?

Jawaban …

Air es akan mendinginkan jaringan-jaringan di kepala anda, menginduksi darah yang kemudian akan bersirkulasi ke seluruh tubuh. Efek ini akan mempercepat sehu tubuh kembali ke normal. Akan tetapi, jika air es mencapai gendang telinga dan mendinginkan termostat hipotalamus, suhu tubuh yang dipersepsi akan menghambat keringat dan pelebaran pembuluh darah, sehingga memperlambat pendinginan di bagian-bagian lain dari tubuh.

3.     Anggaplah anda memiliki seekor mencit dan seekor kadal yang memiliki massa sama 9keduannya sedang beristirahat) ditempatkan dalam ruang percobaan dengan kondisi lingkungan yang identik, hewan manakah yang akan mengkonsumsi oksigen pada laju yang lebih tinggi?

Jawaban …

Mencit akan mengonsumsi oksigen dengan laju yang lebih tinggi karena hewan tersebut merupakan endoterm, dan karenannya laju metabolisme bassalnya lebih tinggi daripada laju metabolik standar kadal yang ektoderm.

4.     Setelah berolahraga teratur selama beberapa bulan, anda menyadari bahwa laju detak jantung saat beristirahat telah berkurang. Mengingat bahwa tubuh anda kini memerlukan siklus jantung yang lebih sedikit dalam satu satuan waktu, perubahan apa lagi pada fungsi jantung anda saat beristirahat?,

Jawaban …

Organ jantung seperti otot-otot yang lain, akan menjadi semakin kuat berkat latihan teratur. Anda dapat menduga bahwa jantung yang lebih kuat memiliki volume darah terpompa yang lebih besar, yang akan menyebabkan penurunan laju detak jantung.

5.     Nitrogliserin (bahan utama dinamit) terkadang diresepkan untukmpasien penyakit jantung. Didalam tubuh nitrogliserin, dikonversi menjadi nitrooksida. Menurut dugaan anda  mengapa nitrogliserin dapat meredakan nyeri  dada pada pasien-pasien ini?

Jawaban …

Nyeri dada adalah akibat dari aliran darah yang tak mencukupi di dalam arteri koroner. Vasodilatasi yang disebabkan oleh oksida nitrat dari nitrogliserin meningkatkan aliran darah, menyediakan oksigen tambahan untuk otot jantung dan dengan demikian meredakan nyeri.

6.     Anggaplah seekor burung dan seorang manusia sama-sama menderita reumatik. Mengapa mengurangi jumlah purin dalam diet jauh lebih membantu manusia daripada burung/

Jawaban …

Manusia mengeluarkan asam urat dari penguraian purin, dan mengurangi purin dalam diet seringkali mengurangi keparahan reumatik. Akan tetapi, burung menghasilkan asam urat sebagai produk buangan metabolisme nitrogen umum. Oleh karena itu burung memerlukan diet dengan semua senyawa pengandung nitrogen berkadar rendah, tidak hanya purin.

7.     Mengapa meminum banyak sekali air dalam jangka waktu singkat berbahaya?

Jawaban ….

Produksi urin dalam jumlah besar dalam waktu yang amat singkat, dibarengi ketiadaan pengambilan zat terlarut, dapat mengganggu kadar natrium dalam darah hingga di bawah kadar yang dapat dtoleransi. Kondisi ini disebut hiponatremia, menyebabkan disorientasi dan terkadang gangguan respirasi.

8.     Bagaimana jika hermaprodit berfertilisasi diri, akankah keturunannya identik dengan sang induk?


Jawaban …

Tidak, karena perpasangan acak kromosom selama meiosis, keturunan mungkinmenerima salinan kromosom parental tertentu yang sama dari sperma maupun sel telur. Terlebih lagi rekombinasi genetik  selama meiosis akan menghasilkan perpasangan ulang gen antara pasangan-pasangan koromosom parental.

9.     Jika perempuan mulai meminum estradiol dan progresteron segera setelah permulaan siklus menstruasi baru, apa efek yang bisa di duga pada ovulasi/

Jawaban …

Kombinasi estradiol dan progresteron akan memiliki efek umpan balik negatif di hipotalamus, memblokir pelepasan GnrH (Gonadotrophin releasing Hormon). Hal ini akan mengacaukan sekresi LH oleh pituitari, sehingga mencegah ovulasi. Bahkan inilah salah satu dasar kerja alat kontrasepsi hormonal yang umum digunakan.

10.  Mengapa menguji keberadaan HCG (human chorionic gonadotrophin) dapat digunakan sebagai tes kehamilan pada awal masa kehamilan, namun tidak dapat digunakan di akhir masa kehamilan?

Jawaban ….

HCG yang disekresikan oleh embrio awal merangsang korpus luteum untuk membuat progresteron, yang membantu mempertahankan kehamilan. Akan tetapi, selama trisemester kedua produksi HCG turun, korpus luteum hancur dan plasenta sepenuhnya mengambil alih produksi progesteron.

Berlangganan Untuk Menerima Update Terbaru:

Disqus Comments